Kamis, 11 Agustus 2016

....::"The Pasuruan"::....




tinggal saya ada di pasuruan.....
tau gak pasuruan tu apa?
terus tau gak cerita tentang pasuruan?
kalo belum tau sini aku jelasin

Pasuruan
itu daerah diantara daerah malang dan daerah surabaya
Tempatnya tu the best banget jadi asik kalo ke pasuruan dan aku gak cerita tentang pasuruan saja
Budaya Kota Pasuruan jg

Sebagai sebuah kota yang dikenal dengan sebutan Kota Santri, seni budaya di Kota Pasuruan banyak diwanai oleh ciri khas budaya Islami. Daerah yang terbentang di hamparan pesisir ini memiliki keanekaragaman kesenian daerah yang atraktif dan komunikatif dengan tata cara kehidupan masyarakat, terutama masyarakat pedesaan dan nelayan. Selain kegiatan seni modern, beberapa seni tradisional tetap dipertahankan hingga saat ini.

Sebagai wujud eksistensi para seniman di Kota Pasuruan membentuk Dewan Kesenian Pasuruan ( DKP ) yang merupakan wadah pemersatu sekaligus pembinaan dan pengembangan kreatifitas seni dan budaya. Berdirinya DKP diharapkan dapat lebih meningkatkan apresiasi seni dan budaya di Kota Pasuruan.

salah satu dari seninya adalah Hadrah Al Banjari
seni Hadrah Al Banjari merupakan suatu seni yang bernafaskan Islam. Disebut Al Banjari kaena alat terbang serta aturan memukul terbangnya berasal dari Banjarmasin. Meskipun berasal dari luar daerah, kesenian ini sudah memasyarakat di Kota Pasuruan.Keistimewaan Hadrah Al Banjari terletak pada suaranya yang bertalu-talu ditambah suara bas, jika dicermati mirip musik samba dari Brasil. Hadrah Al Banjari ini sering dimainkan untuk memeriahkan acara sunatan, pernikahan dan pada peringatan hari-hari besar umat Islam seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. ini sangat melekat banget kalo ada acara-acara

nah sekarang aku lanjutin tentang makanan khas pasuruan ni sangat "MAKNYUS" namanya Rawon Sate Komo lanjut bacanya yuk!!!





nah rawon ni biasanya makanan ku tiap hari dirumah ni aku jelasin
Rawon adalah makanan khas Pasuruan yang terbuat dari daging dan berkuah hitam dengan bumbu campuran bawang putih, bawang merah, tumbar, jinten, daun jeruk purut, sere laos, kunir dan tidak ketinggalan kluwek yang membuat kuah menjadi hitam. Nasi Rawon sangat nikmat dihidangkan dalam keadaan hangat dengan lauk Sate Komo dan tidak ketinggalan taoge pendek, sambal dan kerupuk udang.


ceritaku aku lanjutin ke daerah rumah ku namanya "PANDAAN"
tau gak pandaan dan mau tau pandaan seperti apa ceritanya ?
come on read more!!!


pandaan tu daerah yang yah mungkin bisa dibilang tempat peralihan dari malang ke surabaya
dan tahu kalian certia tentang "PANDAAN" sendiri
dulu sih katanya namanya bukan nongol namanya "PANDAAN" dulu tu nama nya "PANDAKAN" yang berasal dari kata paundak-undakan, atau berundak-undak, merupakan daerah yang bertebing
didaerah itulah para raja-raja biasanya beristirahat dan bukan hanya cerita disitu aja
di sana biasaya para raja-raja memuja roh-roh dari masa lalu dan tempatnya tu dinamakan "candra wirwatikta" dan jika ada salah satu raja yang meninggal dunia mereka membuat candi yang bernama "candi njawi"
daerah itulah yang antik banget jika dilihat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar